Sabtu, 28 November 2009

Tugu Proklamasi di Rengasdengklok


Rengasdengklok adalah kota kecamatan di Kabupaten Karawang,Provinsi Jawa Barat. Pada tahun 1945, di kota kecil ini terjadi sebuah peristiwa bersejarah. Para pemuda melarikan Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta dari Jakarta dan membawanya ke Rengasdengklok.
Rengasdengklok merupakan kota pertama dimana para pemuda dan rakyat mengambil alih kekuasaan dari tangan tentara Jepang, Daerah itu juga yang pertama mengibarkan bendera Sang Saka Merah Putih. Di tempat pertama Sang Saka Merah putih dikibarkan ,didirikan tugu peringatan untuk memperingati peristiwa Rengasdengklok.

1 komentar:

  1. Jakarta, Aktual.com — Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus ‘mempercantik’ area-area yang akan dijadikan pusat peringatan hari Kemerdekaan RI ke-70 di Jakarta. Namun, nada kecewa justru datang dari Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat saat melihat kondisi kawasan Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat.

    Taman tersebut tampak kumuh dan kotor. Bahkan tiang bendera yang mestinya memiliki tinggi 17 meter, ternyata hanya setinggi 10 meter.

    Wagub Djarot Kecewa Tugu Proklamasi Kotor

    BalasHapus