Selasa, 24 November 2009

Candi Borobudur


Candi Borobudur adalah peninggalan Kerajaan Mataram Buddha atau pada masa dinasti Syailendra yang sangat penting. Candi yang didirikan pada tahun 825M oleh raja Samaratungga ini merupakan salah satu keajaiban dari keajaiban dunia.
Relief Candi Borobudur melambangkan kehidupan manusia. Sepuluh tingkatan kehidupan bangunan Borobudur melambangkan sepuluh tingkatan kehidupan. Sepuluh tingkatan tersebut kemudian dikelompokkan menjadi tiga,yaitu tingkat Kamadhatu,tingkat Rupadhatu,dan tingkat Arupadhatu.
Dari tingkat sepuluh tingkat yang ada di Candi Borobudur,enam tingkt berbentuk persegi,tiga tingkat berbentuk melingkar,dan satu tingkat paling atas merupakan sebuah stupa induk.Stupa induk ini dibuka pertama kali pada tahun 1814M oleh Residen Kedu Hartman.
Di setiap tingkatan Borobudur terdapat stupa-stupa kecil,kecuali sebuah stupa besar (stupa induk) pada tingkat paling atas. Stupa induk ini mempunyai diameter 9.90 meter dan tinggi 7 meter. Secara keseluruhan, Candi Borobudur mempunyai 540 buah arca Buddha. Namun sekarang sudah tidak lengkap lagi.
Untuk melestarikannya,Candi Borobudur telah dipugar sebanyak dua kali yaitu:
a. Tahun 1907 -1911 M dipimpin olh Yh. Van Erup yang berkebangsaan Belanda
b. Tahun 1973-1983 oleh pemerintah Indonesia dengan bantuan UNESCO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar