Senin, 23 November 2009

Tugu Muda Semarang



Di kota Semarang, ibukota dari provinsi Jawa Tengah,terdapat sebuah Monumen "Tugu Muda",sebuah bangunan yang dibuat untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam pertempuran Lima Hari di Semarang.
Tugu Muda dibangun sejak tanggal 10 November 1950 dan diresmikan oleh Ir. Soekarno pada tanggal 20 Mei 1953.Bangunan tersebut terletak di muara Jalan Pemuda,Jalan Imam Bonjol,Jalan MGR. Soegiyopranoto,Jalan Dr.Soetomo, dan Jalan Pandanaran dengan Lawang SEwu,yang selama pertemuran lima hari merupakan salah satu kawasan pertempuran yang sangat penting dan banyak erekam peristiwa-peristiwa penting pula.
Dilihat dari segi dan bentuk ragawinya,Tugu Muda berbentuk tinggi meruncing dengan lima buah sangga pilar,yang kecuali dipergunakan untuk menggambarkan berbagai macam relief,juga dimaksudkan sebagai lambang Pancasila.
Pada tiap-tiap sangga terdapat hiasan-hiasan yang berbeda satu dengan yang lain yaitu:
a. Relief Hongerodeem
Menggambarkan kehidupan rakyat Indonesia pada zaman penjajahan Belanda dan Jepang yang sangat tertindas dan banyak yang menderita kelaparan,hingga hongerodeem atau penyakit busung lapar merajalela di kalangan masyarakat.
b. Relief Pertempuran
Menggambarkan betapa besar gelora semangat serta keberanian para pemuda Semarang dalam mempertahankan kemerdekaan negara dan bangsanya.
c. Relief Penyerangan
Melambangkan perlawanan rakyat Indonesia terhadap pihak penjajahan untuk melepaskan diri dari belenggu penjajahan.
d. Relief Korban
Menggambarakan bahwa dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang,banyak rakyat yang menjadi korban.
e. Relief Kemenangan
Menggambarakn hasil jerih payah dan pengorbanan yang telah membasahi bumi kota Semarang.
Demikianlah sekilas tentang Tugu Muda Semarang. Sebagai buah tangan,kita bisa mencicipi berbagai makanan khas seperti lumpia dan aneka macam ikan laut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar